Rabu, 13 Agustus 2014

Kuliner Khas dari Jombang

Jombang. Sekitar 80 km barat Surabaya. Kota yang dikenal dengan kota santri. Juga dikenal terkenal karena terdapat makam Gus Dur, presiden ke-5 Indonesia. Tapi kali ini saya tidak membahas tentang makam Gus Dur nya. Saya akan membahas tentang kuliner kota Jombang.
Jika Yogyakarta punya gudeg, Surabaya punya rujak cingur, Sumatra barat punya masakan Padangnya, dll. Jombang juga punya makanan khas yang tidak kalah menarik untuk dinikmati. Yaitu es degan khas Jombang dan Kikil Jombang.
1. Es Degan khas Jombang.
Semua sudah tidak asing dengan es degan pada umumnya. Buah dari kelapa muda yang diserut kemudian diberi gula dan es. Namun khasnya Jombang adalah es degan ini mendapat bahan tambahan yang berupa nata de coco, alpukat, dan durian yang dilengkapi dengan susu cair. Hmm…kalau pas kondisi panas-panas, terasa sueger rasanya.
Nah di Jombang, pedagang es degan ini sudah menjamur di mana-mana. Mereka berpusat di Jalan Merdeka Jombang yang sekarang sudah berubah namanya menjadi Jalan Abdurrahman Wahid. Tepatnya di depan GOR Jombang dan di depan kampus Universitas Darul Ulum, berderet para pedagang es degan khas Jombang ini. Bahkan mereka membuat paguyuban es degan khas Jombang agar mereka tetap menjaga ciri khas rasanya dan menjaga kekompakan harganya. Mereka seperti saudara satu sama lain. Dengan begitu mereka tidak merasa ada yang menyaingi dan tersaingi. Subhanallah…
13665564001407342239
Jadi jika teman-teman melewati Jombang atau memang sengaja singgah ke Jombang, jangan lupa mencoba mencicipi es degan khas Jombang ini ya…Harganya murah kok. Mulai Rp.4000 ke atas, tergantung campuran yang ingin ditambahkan. Jika ingin lengkap isinya, bisa berkisar Rp.7000.
Selamat mencoba…
2. Kikil Jombang
Kuliner berikutnya adalah kikil Jombang. Tahu kikil? Itu lho kakinya sapi atau kerbau. Eh apa enaknya kalau dimakan? Pasti keras kalau digigit. Jangan salah…kikil disini sudah yummy sekali. Dimasak dengan suhu tinggi dan dengan waktu yang agak lama, ditambah dengan bumbu-bumbu rahasia, dikasih santan dan bahan-bahan pendukung. Jadilah kikil Jombang. Kikil ini akan terasa lebih enak jika dimakan pakai nasi (itu menurut saya ya). Tak sampai disitu, nasi kikil ditambah dengan kering tempe atau tahu, diberi sayur bung (tunas bambu yang masih muda) dan empal daging atau jeroan sapi yang dimasak bacem. Cara penyajiannya menggunakan daun pisang yang dibentuk pincuk. Wah…jadi laper nih pingin makan.  Rasanya…maknyuuuss tenan…
136655278750786535
Pedagang nasi kikil yang paling dikenal dan sering didatangi banyak wisatawan dari luar kota yaitu bertempat di daerah Mojosongo. Disini penjualnya sangat banyak, tinggal milih mau yang sepi apa yang ramai. Ada sekitar 10-15 pedagang yang khusus menjual nasi kikil ini. Tapi sayangnya penjual di Mojosongo ini jualnya mulai sore hingga tengah malam. Jadi kalau mau beli pagi hari ya ga ada yang jual. J. Tentang harga, bervariasi. Mulai dari Rp.9000 hingga Rp.15000 per porsi.
1366554569763505379
Jadi bagaimana? Mau mencoba kuliner khas Jombang? Mau es degan khas Jombang apa nasi kikil khasnya Jombang? Apapun menu favoritnya, Jombang masih tetap menyediakan berbagai makanan kuliner lainnya yang takkalah serunya. Jangan khawatir kalau di Jombang ga bisa makan makanan khas daerah lainnya, semuanya ada InsyaAllah. Yuk kuliner ke kota kecilku, Jombang nan Beriman…

sumber : klik disini
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar